PNPM Mandiri Pedesaan

PNPM Mandiri Pedesaan

Kamis, 02 Februari 2012

Usulan 5 Desa non SPP tak Dibahas dalam MAD Prioritas Usulan 2012

DAWE – Alur tahapan PNPM Mandiri Perdesaan di Kecamatan Dawe saat ini sudah sampai pada tahap MAD Prioritas Usulan. Alur tahapan PNPM yang satu ini cukup menyita konsentrasi tenaga, waktu  dan fikiran bagi para pelaku.

Dalam acara ini keteganganpun sempat terjadi saat menyepakati aturan dan sangsi MAD. Ahmad Baskoro, Kapala Desa Margorejo, misalnya ia harus berjuang keras agar desanya tidak teranulir mengikuti program 2012, namun apa boleh buat, dengan berbagai alasan dan pertimbangan, forum MAD tetap mendiskualifikasi desanya.

Selengkapnya desa-desa yang tidak bisa ikut kompetisi untuk usulan kegiatan non SPP  pada  PNPM Mandiri Perdesaan adalah;  Soco, Margorejo, Kuwukan, Kajar dan Cendono. Namun untuk desa yang mengajukan program kegiatan SPP tetap diperbolehkan. ”Intinya desa-desa yang didiskualifikasi adalah ajuan kegiatan fisiknya saja,” jelas M. Saifuddin, Ketua UPK Muria Makmur Dawe
Sekedar mengingatkan, bahwa ancar-ancar alokasi BLM PNPM Mandiri Perdesaan di Dawe tahun 2012 ini hanya 800 juta. ”Cara untuk mendapatkan dana, desa-desa harus berkompetis secara fair sesuai usulan kegiatannya,” tambahnya.
Sementara itu, hasil keputusan MAD Prioritas Usulan yang  diikuti oleh 126 orang perwakilan desa yang dihelat di Aula pertemuan Hotel Graha Muria Colo Dawe,  Kamis (26/1) kemarin, menghasilkan kaputusan perangkingan usulan 2012 dengan usulan masing-masing desa sesuai tabel berikut ;

NO
DESA

JENIS USULAN KEGIATAN

1
Rejosari
Jembatan
2
Dukuhwaringin
Gedung PAUD
3
Ternadi
Jalan Rabat Beton
4
Glagahkulon
Jalan Rabat Beton
5
Tergo
Talud dan Drainase Jalan
6
Puyoh
Gedung Madin dan SPP
7
Lau
Jalan Rabat Beton
8
Kandangmas
Jalan Rabat Beton
9
Japan
Talud Jalan
10
Piji
Jembatan
11
Colo
Talud Jalan
12
Cranggang
Gedung TPQ
13
Samirejo
Talud Jalan dan Gorong-gorong
14
Kajar
SPP

Untuk data dukung pembuatan Desain dan RAB, saat ini FT dibantu Kader Tehnik Desa sedang melakukan pemngukuran ulang lokasi kegiatan paska MAD Prioritas usulan. Hasil pengukuran lokasi akan dijadikan bahan untuk membuat desain dan RAB yang nantinya akan disampaiakan pada pelaksanaan MAD Penetapan Usulan yang rencana dibarengkan dengan Musrenbang Kecamatan pada minggu ketiga bulan Pebruari mendatang. (Abu Lina)







Tidak ada komentar:

Posting Komentar