PNPM Mandiri Pedesaan

PNPM Mandiri Pedesaan

Kamis, 15 Desember 2011

Kader Desa Dilatih; KPMD Tehnik Praktek Buat Rabat Beton

UPK Dawe- Guna meningkatkan kemampuan dan peningkatan mutu bagi KPMD, dipenghujung akhir tahun 2011 ini, tepatnya bulan Desember, UPK Muria Makmur menyelenggarakan berbagai pelatihan bagi pelaku PNPM Mandiri Perdesaan di Kecamatan Dawe, termasuk bagi KPMD sejumlah 90 perwakilan dari 18 desa. Mereka terdiri dari KPMD reguler 1 orang, Karang Taruna desa 1 orang, PKK desa 1 orang dan Kaur Pembangunan desa 1 orang.

Muatan materi yang diberikan kepada mereka berfariasi, mulai dari pengenalan dasar tentang konsepsi PNPM Mandiri Perdesaan, fasilitasi masyarakat, pembukuan, perencanaan, pelaksanaan, monitoring, penanganan masalah hingga pelaporan kegiatan. Selain itu mereka juga dilatih tentang penggunaan tehnologi internet. Pelatihan internet ini terlaksana atas kerjasama antara PT Telkom Kudus dengan UPK Muria Makmur.

Diharapkan pelatihan ini bisa menjadi bekal bagi KPMD dalam menjalankan tugas di masing-masing desa mereka. “semoga setelah diselenggarakannya pelatihan ini, kader mampu untuk mengaktualisasi sebagai bekal mereka di desa”, terang M.Syaifuddin, Ketua UPK Muria Makmur.

Sementara itu, kader tehnik sejumlah 36 orang juga dilatih hal yang sama. Namun ada perbedaan dalam pelatihan KPMD-Tehnik, sebutan bagi kader tehnik. Durasi waktu pelatihan yang mencapai 12 hari pelatihan bagi KPMD – Tehnik selain diberikan materi diatas, mereka juga dilatih tentang tehnik analisa dibidang konstruksi gedung, jalan, jembatan, talud dan tata cara untuk mengisi skoring pemeliharaan bangunan sebagaimana diatur dalam PTO PNPM Mandiri Perdesaan.

Untuk KPMD – Tehnik, disesi kegiatan akhir, tepatnya hari ke -10 hingga ke-12, mereka diajak untuk melakukan praktek SAP (Survey Antar Patok), MAP (Mandays Antar Patok), penghitungan HOK pekerja secara in door. Untuk materi tehnik analisa, pengompasan, pembusuran pada konstruksi jalan telford, rabat beton dan paving blok serta penetrasi jalan aspal juga tak luput dipraktekkan langsung dilapangan.

Untuk lokasi praktek dan pekerjaan jalan rabat beton bagi KPMD-Tehnik dilaksanakan di RW 05 Desa Piji Dukuh Peterongan sepanjang 35 m. Kegiatan praktek dimulai dari telford/perkerasan jalan lalu dilanjutkan dengan pembuatan jalan rabat beton dengan dimensi 70 x 70 model tapak roda. Anggaran dana praktek berasal dari DOK Pelatihan Kader – Tehnik sebesar 1,5 juta. Sementara kekurangannya ditutup swadaya pemerintah desa Piji dan masyarakat setempat. (Abu Lina)

1 komentar: