PNPM Mandiri Pedesaan

PNPM Mandiri Pedesaan

Selasa, 20 Desember 2011

TEHNIK PENYUSUNAN MODUL BAGI TPM RBM



SEMARANG – Modul adalah media atau sarana pembelajaran yang berisi materi, metode, batasan batasan dan cara mengevaluasi yang dirancang sistematis dan menarik untuk mencapai standar kompetensi yang diharapkan sesuai dengan kompleksitasnya.

Untuk membuat mahir dalam pembuatan modul, masing-masing pokja RBM juga diajari cara menyusun modul. Kegiatan ini diampu oleh Dra. Indra Kertati, M.S.I., Ph.D., “ Tujuan modul itu sendiri adalah agar penyajian pesan tidak terlalu verbal, dapat mengatasi keterbatasan waktu, ruang dan daya indra peserta didik dan pendidik, meningkatkan motivasi dan gairah belajar, pengembangan kemampuan peserta didik dalam berinteraksi dengan lingkungan dan sumber belajar, mendorong peserta didik agar mandiri dalam proses pembelajaran dan akhirnya dapat melakukan evaluasi diri terhadap keberhasilan pembelajaran”, paparnya.

Selain menyampaikan materi pokok menyusun modul, Kertati yang tamatan S3 UGM ini juga memfasilitasi peserta dalam melakukan praktek penyusunan modul. Dikatakan olehnya bahwa dalam penyusunan modul langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan topik utamanya, kelengkapan referensi, menyusun silabus, menyusun kisi-kisi modul, melengkapi kisi-kisi menjadi modul dan dilanjutkan membuat modul yang menarik pada obyek dan subyek sasaran pembelajaran yang akan dilakukan.

“Penyusunan modul harus menyangkut konsep siapa, apa, dimana, kapan, mengapa, bagaimana, kalau, cara dan bagaimana”, terang Indra. Materi lengkap tentang pembuatan modul ini bisa diunduh di www.pkab.wordpress.com. (Abu Lina)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar