PNPM Mandiri Pedesaan

PNPM Mandiri Pedesaan

Senin, 26 Desember 2011

Kolaborasi Menuju Kesejahteraan Warga Kudus




Lokakarya PNPM Mandiri di Kudus;

BUPATI Harap PNPM Jalin Kolaborasi Sinergis Dengan SKPD Terkait.

Kudus – Untuk mensinergiskan perjalanan PNPM Manandiri, kemarin, Kamis (22/12) di pendopo kabupaten diselenggarakan acara Lokakarya PNPM Mandiri Kabupaten Kudus. Kegiatan ini diikuti oleh segenap pelaku program di kabupaten Kudus, terdiri dari pelaku PNPM Mandiri Perdesaan maupun PNPM Mandiri Perkotaan. Kegiatan ini mengambil tema “Bersinergi Mewujudkan Masyarakat yang Sejahtera”.

Selain itu, SKPD terkait yang menangui program PNPM juga hadir dalam kegiatan yang dihadiri oleh Bupati Kudus, H. Mustofa; diantaranya adalah Kepala BPM PKB Kudus, Drs. H. Budi Rakhmat, MM., kepala Bappeda Kudus, Drs. H. Masut, SH dan sejumlah SKPD lainnya.

Dalam kesempatan ini, Mustofa membeberkan bahwa para pelaku program PNPM di Kudus harus diberi ruang gerak untuk melakukan kolaborasi kerjasama dengan SKPD terkait, karena PNPM Mandiri Perdesaan maupun PNPM Mandiri Perkotaan adalah mitra kerja. “ Sistem manajemen kolaborasi untuk kesejahteraan rakyat sudah saatnya diberlakukan oleh pelaku PNPM dengan SKPD terkait”, ujar Bupati Kudus. Mustofa juga memberikan apresiasi kegiatan pemberdayaan ekonomi kerakyatan maupun kegiatan infra struktur perdesaan yang ditangani PNPM Mandiri Perdesaan maupun P2KP.

Dari sampling survey yang dilakukan oleh Bupati, Selasa (6/12), di kantor PNPM Mandiri Perdesaan Dawe diperoleh data bahwa kegiatan SPP (Simpan Pinjam Khusu Perempuan) bisa dibilang bagus. “Pinjaman SPP sehat, tunggakan nol”, bebernya. Untuk itu, Bupati berharap agar bagian Pemdes, Bagian Perekonomian segera berkolaborasi cemerlang dengan dunia perbangkan untuk mensinergiskan pola pemberdayaan perekonomian rakyat yang diusung PNPM.

Hasil Lokakarya

Dari catatan Fasilitator Kabupaten PNPM Mandiri Perdesaan Kabupaten Kudus, Ir. Sigit Budi Santoso, M.B.A., dijelaskan bahwa setidaknya kegiatan lokakarya ini menghasilkan beberapa kesepahaman kolaborasi kerjasama antara lain; Pemerintah Kabupaten Kudus mendukung sepenuhnya kegiatan PNPM Mandiri; Bentuk dukungan pada program pemberdayaan masyarakat ini, pemerintah kabupaten akan segera menerbitkan regulasi penguatan dan pelestarian dari out put PNPM Mandiri Perdesaan terdiri dari asset, kelembagaan dan sistem pembangunan partisipatif. Selain itu, Sigit juga mengatakan bahwa pemerintah kabupaten Kudus, siap menerima PNPM Mandiri Perdesaan pola Integrasi pada tahun 2012 mendatang.

(Abu Lina)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar